Beranda Daerah DINILAI PROYEK ASAL-ASALAN, KEJARI MINUT DIMINTA UNTUK TINJAU LOKASI PENGADAAN AIR BERSIH...

DINILAI PROYEK ASAL-ASALAN, KEJARI MINUT DIMINTA UNTUK TINJAU LOKASI PENGADAAN AIR BERSIH DI DESA KUWIL KECAMATAN KALAWAT

176
0
BERBAGI

KORANBANGKIT, MINUT.

LSM Bangkit Indonesia DPC Minut menilai Proyek Pengadaan Air Bersih di desa Kuwil Kec. Kalawat Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang menurut pengakuan beberapa warga sekitar berbandrol 1,7 Miliar, mubazir. ” Kami minta kepada Kejaksaan Negeri untuk meninjau ke lokasi proyek,” Tegas Ketua DPC Bangkit Indonesia Minut, Susen Palit.

Proyek yang dikerjakan oleh kontraktor yang tidak diketahui oleh masyarakat bahkan pemerintah desa Kuwil karena tidak adanya plang proyek sebagai bukti transparansi, dikerjakan secara asal2an. “Mulai dari pemasangan pipa yang hanya dilakukan dengan kedalaman 1 jengkal saja, apalagi pipa yg digunakan adalah pipa HDPE yang rentan terhadap kerusakan terhadap benda tajam atau benda keras. Seharusnya ditanam dengan kedalaman yang cukup supaya tidak mudah digali oleh oknum yang iseng melakukan pengrusakan atau, alasan apapun sehingga pipa itu jika berada di kedalaman yang cukup tidak mudah di rusak oleh oknum yg tdk bertanggungjawab.” jelas Susen kepada koranbangkit.com . via sambungan Telepon.

Kemudian  diketahui pipa saluran air  tidak sampai ke kampung, selanjutnya di suplai dengan menggunakan pompa air dengan tenaga listrik diesel. Sehingga tidak efisien dalam penggunaannya dan tidak ekonomis.

“Apalagi genset yang diadakan oleh kontraktor pelaksana dengan pajangan merek nama sebuah toko bukan merek pabrik atau merek produk.” kata Norris Tirayoh Humas DPC Bangkit Indonesia Minut. Saat ini, tambah Norris, air yang ditunggu-tunggu tidak kunjung bisa dimanfaatkan warga, disebabkan genset yang diadakan tidak mengeluarkan arus listrik untuk menggerakkan pompa air yg ada.

Pada proyek ini sangat jelas telah terjadi kesalahan dalam perencanaan yang tidak matang dan berpengalaman, ditambah lagi pengawasan kelihatan tdk dilakukan oleh konsultan pengawas. “Yang paling parah, kontraktor pelaksana mengerjakan proyek itu secara asal, dilihat dari pengadaan pipa dan pemasangan pipa serta pengadaan genset.” Tegas Norris.

Jadi lengkaplah sudah proyek pengadaan air bersih di desa Kuwil yang menggunakan uang negara memang mubazir. Masyarakat desa Kuwil sangat resah dengan proyek yang tidak memberikan kegunaan bagi masyarakat.

CHRISTIEN/ RULLY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here