Beranda Investigasi LSM Bangkit Indonesia Laporkan Perusakan Jalan Umum Di Minahasa Utara

LSM Bangkit Indonesia Laporkan Perusakan Jalan Umum Di Minahasa Utara

161
0
BERBAGI

 

KORANBANGKIT, Airmadidi Minut.

Baru-baru ini LSM Bangkit Indonesia melaporkan ke Polisi,  pelaku pengrusakan Fasilitas umum/Publik, tepatnya jalan umum di Kelurahan Rap Rap Lingkungan II Kecamatan Airmadidi Minahasa Utara, yang rusak akibat pengiriman alat berat milik PU PERA.

Seperti diketahui jalan tersebut, baru 3 bulan diperbaiki dengan menghabiskan anggaran mencapai Rp 6,7 milyaran rupiah, akan tetapi jalan yang baru saja dibangun dengan mulus oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Kabupaten Minahasa Utara dirusak oleh oknum dengan cara melindas jalan umum menggunakan alat berat.

Diketahui alat berat tersebut dengan sengaja melintas di jalan umum tanpa diangkut atau tidak menggunakan demobilisasi alat.

“Kami LSM Bangkit Indonesia DPC Minut telah melaporkan secara resmi serta menunjukkan dokumentasi jalan yang rusak ke pihak Polres Minahasa Utara tertanggal 20 maret 2018, dengan perihal laporan pengerusakan fasilitas umum/publik. Di kelurahan Rap Rap Lingkungan II Kecamatan Airmadidi. Harapan kami, laporan kami segera ditindak lanjuti. Karena kita khawatir kejadian ini terjadi secara berulang-ulang,” ungkap Ketua LSM Bangkit Indonesia DPC Minut Susen Palit yang didampingi Sekretaris DPC Hartje Pandean dan Humas DPC Minut Norris Tirayoh.

Ketua Bangkit Indonesia Minut Susen Palit, sekretaris, humas danTim

Kami akan mengawal laporan ini sampai ada efek jerah terhadap oknum/pelaku pengrusakan jalan tersebut karena sudah jelas melanggar peraturan dan Undang Undang yang berlaku.

Disisi lain, tindakan ini juga dinilai melanggar UU RI  Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta  pasal 170 KUHP  yang mana pelaku telah melakukan pengrusakan fasilitas umum.

“Sehubungan dengan pengerusakan dengan sengaja Fasilitas Umum yang menyebabkan kerugian Negara/daerah dan membahayakan orang lain terutama para pengguna jalan. Tentu,  perbuatan yang dilakukan oleh oknum  ini sangat merugikan banyak orang. Walaupun sudah ada sebagian yang diperbaiki, tapi tidak menjamin akan kwalitas jalan tersebut,” Jelas Norris Tirayoh.

Terpisah, Kadis PU-PERA kabupaten Minut tidak mengakui kalau alat tersebut milik dari Dinas PU-PERA Minut.

Menurutnya, tidak ada aktivitas perbaikan atau pekerjaan jalan di wilayah tersebut, karena jalan tersebut sudah selesai diperbaiki menggunakan APBD TA 2017.

Kita dukung LSM Bangkit Indonesia segera laporkan kepada Polres Minut agar segera ditindak lanjuti,” singkat Steve Raranta Ketua DPD LSM KPKN Sulut.

Rully Tuuk/Christien

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here